Label

1.12.10

Ketika Kedudukan Sebuah Kondom Dipertanyakan

Sebuah acara di televisi menyadarkan saya, "oh iya, hari AIDS ya??". Lima menit kemudian ingatan saya mengantarkan sebuah gambar yang dibuat seorang teman sekelas zaman SMA kemarin (heh, 4 tahun lalu itu kemarin ya?!). Di sela-sela guru menerangkan dia menggambar seperti berikut:

sebetulnya ini gambar reka ulang. berhubung saya tidak punya file asli gambaran saudara Dwi, jadi saya reka ulang gambarnya untuk dihadirkan ke tengah pembaca.
Nah, lanjut berlanjut... di atas gambar ada tulisan, "Evil or Angel?"
di bawahnya, "Ketika kedudukan sebuah kondom dipertanyakan"
Di sisi lain gambar ada tulisan-tulisan berbunyi:
"KEEP your HEALTH, INCREASE your SIN, ENJOY your LIFE"

Bagi saya, corat-coret karib saya itu adalah kritik sosial, di mana kondom begitu pro dan kontra di kalangan masyarakat kita (apa sih di kita yang ngga pro dan kontra???) yang mengakunya sih masih berbudaya timur. Kondom dianggap sebagai alat kontrasepsi yang dapat meminimalisir resiko penyebaran virus HIV AIDS *juga kehamilan* (be safe, not sorry) namun secara implisit---terutama bagi orang-orang awam yang kurang cerdas---jadi seperti ajakan untuk ber-seks bebas ria. Okelah, ngga apa-apa lo tidur sana tidur sini sama pasangan yang beda selama lo pake kondom!
karena kondom membuat rasa aman dalam berhubungan seks bebas, yang diharamkan agama, terlebih agama islam. Nnnaaaah, exactly! kalau sudah berbicara agama, lalu haram, jadi ada dipersimpangan. Jadi kedudukan kondom itu di mana sebetulnya?? satu sisi dewa penyelamat, sisi lain adalah setan penjerumus. What do you think??


*kenapa saya memosting soal ini ya??* 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar